Meski keluar sebagai pemenang Pileg versi quick count, perolehan suara PDIP memang jauh dari target dan belum menembus ambang batas pencapresan. Meski demikian, PDIP menegaskan pencapresan Jokowi sudah final.

"Sesuai dengan keputusan Ketum PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri yang telah diberi mandat menentukan capres PDIP dalam Kongres III dan Rakernas II di Bandung, capres PDIP adalah Bapak Joko Widodo," kata Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga kepada detikcom, Kamis (10/4/2014).

Eriko meluruskan isu liar yang berkembang terkait pencapresan Jokowi. Dia menegaskan keputusan Megawati mencapreskan Jokowi sudah final dan mengikat bagi seluruh kader PDIP.

"Keputusan itu sudah final dan kami menjalankannya sebagai instruksi partai. Saya juga menegaskan tak pernah menyatakan bahwa pencapresan Jokowi belum final," ujarnya.

PDIP saat ini masih menunggu perhitungan suara dari KPU dan quick count resmi dari internal untuk kemudian menentukan langkah dalam Pilpres 2014. Sembari menunggu, PDIP terus menjalin komunikasi dengan partai-partai lain. detik.com