Ini mungkin hanya sebagian dari keuntungan yang kita peroleh ketika kita memutuskan untuk membuat sebuah
blog. Saya yakin, masih banyak yang lain, termasuk
tools yang bisa diinstall ke dalam
blog.
Salah satunya adalah bahwa blog dapat digunakan untuk
e-commerce. Satu karakteristik penting pada sebuah blog adalah bahwa blog, seperti halnya
discussion board atau
chat room, dapat membuat visitor datang bolak-balik. Jika dikerjakan dengan baik, blog akan membangun
relationship
dengan para pengunjungnya, kemudian menciptakan sebuah «komunitas
pembaca» yang akan datang kembali berulang-ulang. Komunitas inilah
partner anda untuk bisa sukses di
e-commerce. Syaratnya ya itu tadi, Anda harus bisa membangun komunikasi yang baik dengan pengunjung di blog anda.
Cara membangun komunikasi yang baik dengan pengunjung juga lebih mudah dengan blog, karena
menyediakan ruang bagi pengunjung untuk
comment terhadap
posting
anda. Respon yang baik terhadap comment yang ada akan membuat
pengunjung anda benar-benar merasakan bahwa blog anda berguna baginya.
Blog juga cenderung lebih menguntungkan dalam hal
search engine ranking.
Hal ini disebabkan karena blog lebih informatif. Seperti yang kita
tahu, search engine lebih suka dengan website yang berisi informasi yang
unik, bermanfaat, dan sering di-update. Blog merupakan sebuah cara
untuk menyajikan informasi seperti ini.
Jika informasi yang ada di blog anda benar-benar unik serta bermanfaat, anda boleh berharap akan ada
loyal visitors. Ketika anda yakin
loyal visitors anda sudah cukup banyak, anda kemudian dapat menawarkan produk atau jasa anda kepada mereka. Semakin banyak
loyal visitor anda, semakin besar peluang anda untuk bisa mengembangkan bisnis anda. Tapi tentu saja ini perlu kerja keras yang kreatif.
Satu lagi keuntungan dari blog yang pasti anda suka. Anda bisa mulai membuatnya gratis, seperti
blog saya ini. Silahkan kunjungi blogger.com atau wordpress.com.
Menurut anda, apakah ada keuntungan lain yang belum saya sebutkan?
Please, share it with all of us...