Remaja di dunia nampaknya lebih menyukai
gadget Apple dari pada sebuah perangkat Android. Hal ini nampak pada hasil survei yang diadakan oleh firma riset Piper and Jaffray.
Pada
hasil penelitian itu 40 orang responden mengaku memiliki iPhone. Jumlah
tersebut meningkat dari 34 persen pada musim semi 2012 dan 23 persen
pada musim gugur 2012. Piper Jafray memperkirakan jumlah tersebut akan
meningkat pada survei berikutnya. Mereka, menurut informasi PCMag
(10/10), memperkirakan 62 persen remaja memiliki iPhone dan hanya 22
persen yang memilih Android.
Kepemilikan remaja pada produk Apple
juga terlihat pada jenis tablet. 44 persen remaja mengaku memiliki
tablet, 72 persen diantaranya menggunakan iPad. 20 Persen responden
mengaku berencana membeli tablet, 74 persen diantaranya mengaku akan
membeli sebuah iPad. Angka tersebut mungkin akan erdongkrak dengan
peluncuran iPad Mini.
Penelitian ini dilakukan oleh Piper dan Jaffray pada 7.700 orang responden berusia antara 13-19 tahun.
Hasil penelitian ini memperlihatkan unsur gengsi dari brand menjadi
salah satu faktor penting bagi remaja. Apple berhasil memanfaatkan nama
besar mereka sebagai penarik perhatian para remaja. Pabrikan lain harus
berusaha lebih keras untuk menarik perhatian kelompok usia remaja,
penyebabnya kelompok usia remaja dikenal sebagai konsumen yang cukup
fanatik pada suatu brand tertentu.